Agar Kesulitan Berganti Kenikmatan

Kesulitan adalah sunnatullah, yaitu suatu hukum yang telah ditetapkan Allah secara permanen. Rela atau terpaksa, mau atau tidak, kita pasti akan menghadapi kesulitan tersebut, dengan berbagai tingkatan dan bobotnya masing-masing. Harus kita sadari bahwa realitas hidup yang kita jalani ini adalah pergulatan menghadapi kesulitan. Tak seorang pun yang bisa lepas darinya, karena ia telah menjadi milik kita semua.

Allah telah menggariskan hal ini dalam firman-Nya, “Dan pasti kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang bersabar.” (QS.AL-Baqarah :155)

Secara lahiriah, setiap kita pasti membenci kesulitan dan merindukan kemudahan. Karena itulah fitrah kita. Apalagi kesulitan seringkali meninggalkan kegetiran, penderitaan serta rintihan yang menjemukan dan menyiksa.. Namun, jika kita mau menggunakan akal dan kesadaran kita, sesungguhnya di balik kesulitan yang kerap kita pandang dari sisi negatifnya saja, tersimpan kasih sayang Allah swt pada kita. JIka kita mau jujur, sebenarnya kesulitan itu membawa hikmah dan manfaat yang besar. Kesulitan akan menghasilkan pengetahuan, karena pada hakekatnya ia merupakan pengalaman yang mengajarkan kita banyak hal. Kesulitan juga akan menjadikan kita semakin kuat dan lebih kreatif menghadapi kehidupan ini. Dan yang lebih penting, bahwa kesulitan adalah sarana bagi Allah untuk memberi balasan pahala atau menggugurkan dosa keburukan kita, hamba-hamba-Nya. Bagi orang yang bisa menghadapi kesulitan secara dewasa, arif, dan bijaksana, ia akan terilhami untuk menemukan hal yang baik dari kesulitan-kesulitannya. Namun itu bukanlah hal yang mudah. Kita butuh bekal sikap dan kiat yang ampuh dari diri kita sendiri, agar setiap kesulitan yang datang, pergi dengan meninggalkan buah kenikmatan. Kita tentu tidak merugi dua kali; rugi karena tertimpa kesulitan dan rugi karena kita tidak mendapatkan apa-apa dari kesulitan tersebut. Semoga sikap dan kiat berikut dapat mengubah kesulitan kita menjadi kenikmatan.

https://twitter.com/MTLovenHoney/status/471096914281132032
Back to top

Iklan

Ukir jejak sahabat di sini

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s